Koperasi KEKAR IPC PANJANG Raih Penghargaan Sebagai KOPERASI Karyawan Terbaik di Kota BANDAR LAMPUNG

Koperasi Keluarga dan Karyawan (Kopkar Kekar) PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang berhasil menorehkan prestasi dengan menerima penghargaan dari Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Bandar Lampung sebagai Peringkat I Koperasi Berprestasi Kota Bandar Lampung Tahun 2014 untuk kategori Kelompok Koperasi Karyawan. Pemberian penghargaan secara simbolis diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Bandar Lampung Bapak Paika, SE. MM., kepada Bapak Pudjantadi selaku Ketua Koperasi Kekar PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang, dalam acara penganugerahan koperasi berprestasi yang diselenggarakan di Kantor Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Bandar Lampung, pada hari Jumat, 5 Desember 2014, sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi Pemerintah Kota Bandar Lampung kepada para koperasi berprestasi yang berada di wilayah Kota Bandar Lampung dan sekitarnya. Sebagai bentuk atas apresiasi yang telah dicapai, disamping menerima sebuah piagam penghargaan, Koperasi Kekar PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang pada kesempatan tersebut juga memperoleh hadiah pembinaan berupa satu unit printer all in one (print, copy and scan).

 

Dalam sambutannya, Bapak Paika SE. MM., yang mewakili Pemerintah Kota Bandar Lampung mengucapkan selamat atas capaian prestasi koperasi karyawan Kekar PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang yang memperoleh penghargaan sebagai koperasi terbaik untuk kategori kelompok koperasi karyawan di wilayah Kota Bandar Lampung di tahun 2014 setelah memenuhi beberapa kriteria yang telah ditetapkan oleh panitia dalam menentukan prestasi sebuah koperasi karyawan. Pemerintah Kota Bandar Lampung melalui Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan berharap prestasi yang telah dicapai di tahun ini dapat menjadi motivasi dalam mamacu produktivitas kinerja Kopkar Kekar PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang sehingga dapat menorehkan berbagai prestasi lainnya di tahun-tahun mendatang, sekaligus dapat menjadi contoh (role model) bagi koperasi karyawan lainnya untuk dapat berprestasi serta turut memberikan kontribusi positif tidak hanya bagi para anggotanya namun juga kepada seluruh masyarakat umum.


 



Keberhasilan dan prestasi yang diraih oleh koperasi karyawan Kekar ini tentunya tidak terlepas dari dukungan penuh yang diberikan oleh manajemen dan seluruh karyawan PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang, para pengurus harian serta anggota lainnya. Untuk mewujudkan sebuah koperasi yang besar, sehat dan mampu mewujudkan kesejahteraan seluruh anggotanya, manajemen koperasi karyawan Kekar PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang terus melakukan berbagai pembenahan diri hingga saat ini telah mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat. Keberadaan koperasi karyawan yang sebelumnya hanya dimanfaatkan untuk kegiatan simpan pinjam para karyawan/pekerja PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang, kini lebih didorong perannya dalam meningkatkan produktivitas kinerja diantaranya adalah dengan mencari dan memenangkan berbagai segmen usaha baru diluar segmen-segmen usaha yang telah dijalankan selama ini sehingga lebih kompetitif, hal ini semata-mata mengingat perkembangan zaman dan iklim usaha yang telah berkembang pesat dan kian dinamis. Sehingga kini selain sebagai lembaga simpan pinjam, peran koperasi karyawan Kekar PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang difokuskan pula sebagai lembaga profit oriented yang bekerja secara profesional. Namun demikian, disamping berperan sebagai lembaga yang berorientasi kepada keuntungan, koperasi karyawan Kekar PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang senantiasa berupaya berperan sebagai salah satu motor penggerak ekonomi masyarakat di Kota Bandar Lampung, khususnya bagi masyarakat yang berada di sekitar wilayah kerja perusahaan, sehingga keberadaan dan eksistensi koperasi karyawan Kekar manfaatnya juga dapat dirasakan oleh masyarakat umum lainnya.